Steamed Ombre buat Ta'jil sore ini ^_^

Alhamdulillah.....walaupun gak banyak, masih bisa berbagi dengan yg lainnya ^_^. tadinya mau buatin puding coklat aja cuma keknya gak keburu soale sambil momong juga ya sudah akhirnya buat cake lapis berwarna saja, kalo rainbow udah keseringan kali ini nyoba ombre saja yg jarang-jarang buat hehe...mari bermain dengan gradasi warna...



Sukses lah buat steam ombre sore ini, sengaja buat 2 loyang karna anak gadis begitu liat Emaknya motong itu ombre buat di bawa ke Mesjid eh dia langsung deh deket-deket udah dikasih icip-icip dikit karna yg biru buat sendiri masih on process eh..malah bilang " enak bgt...bgt..Ma, abis ini aku mau lagi...lagi mau abisin semuanya" haha...kakak emang paling bisa buat Emaknya berbunga-bunga dan semangat buat kue terus ^_^

Yang ungu gradasinya agak kurang keliatan :D jadi seperti lapis bogor haha....tapi rasanya enak dan tekstrnya lembut dan empuk bgt. resep ini sebenarnya sudah pernah dishare diblog ini dan di grup Berbagi Resep Masakan (BRM) cuma sedikit modif aja susu bubuk aku ganti dengan tepung maizena, takaran gula aku kurangi resep asli dilidahku agak kemanisan :D dari 200gr aku kurangi jadi 150gr pas di lidahku ;-)

Wel...tak share again ya resepnya, resep asli aku liat di grup BRM postingannya mbak Diny, beliau lihat di blognya Hesti Kitchen dan ada juga yg bilang resepnya Elim Sugito...sorry kurang tau siapa owner resep yg sangat menginspirasi ini ;-)

Ombre Cake Kukus
ala Dapur Mama Azka

bahan :
4 butir telur
1/2 sdt emulsifier
150 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
150 gr tepung terigu
1 sdm full tepung maizena
1 sct skm full cream
150 ml minyak goreng

cara membuat :
- kocok gula, garam, vanili dan telur hingga mengembang, kental, putih, berjejak.
 - masukkan tepung terigu & maizena sambil di ayak, lalu aduk rata. tambahkan skm full cream aduk rata.
- masukkan minyak goreng, aduk hingga betul-betul tercampur rata. bagi adonan menjadi 3 bagian, timbang seberat 225 gr - 250 gr per adonan. satu warna polos (putih ), satu bagian beri pewarna biru 1 tetes saja, satu bagian lagi beri pewarna 2-3 tetes.
- setelah kukusan beruap banyak, kecilkan api. tuang bagian putih kedalam loyang yg telah diolesi minyak & di alasi kertas roti. kukus selama 10-15 menit atau hingga permukaannya tidak lembek ketika disentuh ujung jari.
- lalu tuangkan lapisan kedua warna biru paling muda, kukus lagi 10-15 menit. terakhir tuang warna biru yg lebih tua lalu kukus lagi 20 menit.


* saya mengocok adonan dengan mixer kecepatan sedang, kalo mixer philips model HR 1538/80 itu speed 2 saja adonan stabil jadinya. pernah aku kocok pake high speed nomer 3 eh...waktu bahan kering & cair masuk adonan jadi cepat turun. mungkin di saya aja begitu hehe :D

* untuk gradasi warna bisa dibuat lebih ngejreng lagi, saya kurang suka kue yg terlalu cerah :D jadi pakai pewarna secukupnya saja.

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, kritik, saran, silahkan tulis di kolom komentar, terima kasih.