Pempek Kabocha

Ternyata pempek gak cuma berbahan dasar ikan dan tepung saja, bisa dimodifikasi dengan bahan-bahan lain yang kaya serat dan sehat tentunya. melihat 2 buah kabocha yang tergeletak didapur, mertuaku sempet nanya" itu labu, mau dibikin apa?" aku jawab " belum menemukan ide..." hehe...yang udah-udah sih...paling bikin cake, MPASInya Dek Nin dan rencananya sih mau dibikin kolak aja, eh...muncul ide tak biasa, gimana kalo nih labu tak bikin pempek aja? apa bisa??? ya...dibisa-bisain aja haha...bikin siomay kan juga pake labu, labu siam tapi :D

coba aja deh...labunya aku kukus dulu trus dihaluskan, campuran bahan-bahannya ada labu, bahan biang dari terigu, tapioka atau aci dan aku tambahkan 100 gr daging ayam giling, biar ada rasa-rasa pempeknya. hasil pempeknya berwarna...yellow, baru ada ya...pempek warna yellow :D


ini bahan-bahan sebelum diaduk, ada ayam giling, adonan biang terigu, labu kukus, daun bawang dan bawang merah

Ini adonan pempek yang tinggal dibentuk



Nah....kalo yang ini udah direbus



Ini udah digoreng, rasanya lembut kenyal ^__^

Resep ini aku lupa gak tambahin telur, kalo kalian mau bikin bisa ditambahkan telur 1 butir, resep dibawah ini ya...


Pempek Kabocha
ala Dapur Mama Azka

Bahan :
300 gr labu kuning, kukus dan haluskan
adonan biang dari 150 gr terigu, 8 siung bawang putih halus dan air 200-300 ml, garam secukupnya dan 2 bks kaldu ayam bubuk. masak hingga terigu mengental dan menggumpal.
2 batang daun bawang, iris
5 siung bawang merah, iris tipis
500 gr tepung tapioka/aci/kanji, mau pake sagu juga boleh.

Pelengkap :
timun dan cuko

Cara Membuat :
1. dalam wadah, campur adonan biang, labu kukus, daun bawang dan bawang merah seperti gambar diatas. aduk dengan tangan hingga tercampur rata, kalo mau tambah telur aduk rata.

2. setelah tercampur rata, tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit. sambil terus diulen hingga kalis atau tidak begitu menempel lagi ditangan. jika masih agak lengket jangan ditambah tepung tapioka tapi lumuri saja tangan dengan minyak sayur.

3. setelah kalis, bentuk adonan sesuai selera. kalo aku bikin bentuk lenjer, bentuk kaya siomay dan kapal selam mini, dalamnya bukan telur tapi tahu tumis :D. ( isian bisa bermacam-macam, sesuai selera aja. bisa telur rebus, tahu, sosis, bakso bahkan tumisan sayur juga bisa )

4. rebus dalam air mendidih hingga mengapung. jangan terlalu lama merebusnya...karena teksturnya akan liat.


Selamat Mencoba ^____^



0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, kritik, saran, silahkan tulis di kolom komentar, terima kasih.