Donat ala Jco (ludes..anak-anak doyan!!)

Donat ala ala JCO...beberapa hari ini Ayah..terus-terusan nyuruh bikin donat, buat latihan karna rencananya akan menambah menu untuk Brakot Burger kami. nah...kebetulan hari ini mood donatnya dateng, eksekusi lah...inilah salah satu alasan utama males bikin panganan berbahan dasar rerotian...ngulennya booook...bikin pegel :D.

Untungnya si ala ala Jco ini gak lama bgt ngulennya...aku bikin 1/2 resep aja..karena memang persediaan terigu cakra gak ada sekilo dirumah, mau beli TBK depan rumah masih tutup. 1/2 adonan diulen dengan tangan sebagian lagi pake mixer..tapi ujung-ujungnya maen tangan juga *takut Mas Phillips KO.

ini baru pertama kali bikin donat pake cetakan, ternyata lil bit susah juga ya...belum bisa rapi hehe..ini dia penampakkannya sebelum digoreng.


di resep yg kubaca*blog Just My Ordinary Kitchen...goreng minyak dengan minyak padat, kalo gak ada minyak padat bisa menambahkan 1 sdm mentega putih/shortening. akhirnya aku pake 1 sdm shortening. goreng....alhamdulillah mateng dan benar...enak! gak cukup satu makannya . tapi bentuknya malah aneh..ada yg gede..ada yg kecil...tapi montok-montok :D


Donatnya cuma dikasih topping coklat aja dah enak :D


Gak bisa ngetes daya tahan ini donat yg katanya 3 hari masih empuk, soale dah ludessss alhamdulillah...^_^. lah trus judul diatas...maksudnya apa? panik...panik kenapa? gimana ceritanya???? begini ceritanya...abis goreng donat ini kan minyak bekasnya masih sisa banyak, ditaruh diwajan dan masih nangkring diatas kompor. Si Ayah...ceritanya mau goreng tela-tela/singkong goreng, dipanasin lah minyaknya...eh...ada yg nanyain garam buat ceplok telor *ada yg beli burger+telor..trus ditinggal deh minyak panas dengan kompor yg menyala.

Adik iparku liat ada api dalam wajannya...trus buru-buru dia matiin kompor, tapi masih ada api menyala dalam wajan saking panasnya tuh minyak+shortening, sama adik iparku disiram deh wajan berapinya dan langsung tanpa babibu...bussssssss api langsung membesar, menyala, membara sampe ke langit-langit atap dapur...orang dirumah dah pada panik teriak-teriak...aku yg masih dikamar..buru- buru keluar dan liat apinya guede bgt Masya Allah....ternyata anak bontot ku kelupaan...dia tertinggal masih maenan kuah mie diruang TV yg pas bgt balakangnya dapur. Anindya ku angkat dan bawa lari keluar...takut gas nya meledak. Alhamdulillah bgt...apinya segera padam Makasih Ya Allah...telah melindungi kami semua, semoga tidak pernah terulang lagi kejadian seperti ini dan semoga kami tidak ceroboh. fiuh....lutut masih gemeteran :D

Udah ceritan panjang...resep kelupaan hehe...ini resepnya, 

Donat ala Jco

Bahan I :
400 gr terigu cakra
525 ml air
5 gr garam
1/2 bks fermipan *uk 11 gr

Bahan II :
100 gr terigu cakra
1 sct susu bubuk dancow FC
5 gr garam
60 gr shortening/mentega putih
1 butir telur uk besar

Cara Membuat :
1. campur bahan I, aduk rata. taruh dalam wadah tertutup diamkan 90 menit ( jadi biang )

2. campur bahan II, aduk rata lalu campur dengan bahan I, uleni hingga kalis. adonan lembek dan lengket...sabar ya ngulennya :D. aku lk 30 menit baru bisa kalis.

3. diamkan lagi lk 15 menit, dalam wadah tertutup. lalu gilas adonan dengan ketebalan  lk. 1 cm. cetak dengan cetakan donat, lalu diamkan lagi lk 10 menit.

4. goreng dengan api kecil. kalo pake minyak biasa bisa tambahkan 1 sdm mentega putih.

note : PERINGATAN SETELAH SELESAI MENGGORENG, BERHATI-HATI DENGAN MINYAK BEKAS. DALAM SUHU TINGGI MINYAK BISA TERBAKAR!!! WASPADALAH..

jangan deh mpe kejadian seperti ceritaku diatas... :D

Resep donut saya lainnya:
Donut Coklat, nyoklat abiz
Donut simple, resep donut sangat sederhana anti gagal
Mini rainbow donut, donat mini pelangi

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, kritik, saran, silahkan tulis di kolom komentar, terima kasih.