Carrot & Beet Root Cake




kebetulan dirumah masih punya buah bit yg baru kepake dikit, buat jus waktu itu..ternyata rasanya aneh dan bauuuuuuuu...baunya apek seperti bau rendamam jamur sodara-sodara haha...daripada kebuang sia-sia nih buah kaya manfaat mending bikin cake aja lah...secara buah bit di Cilacap muahal..segede bola golf aja 3rb.

cari-cari resep, nemu di blog Just try & taste...coba ah...dan ini dia penampakannya :D


gak keliatan sama sekali bitnya ya? hihi...diresep buah bitnya 400gr, tapi berhubung aku cuma punya dikit kira2 100 gr. lah..trus yg sisanya lagi pake apa??? hehe...pake wortel ^____^ 



Untuk taste...cake ini lembut, legit...teksturnya kaya banana bread menurutku..apa hasil buatanku aja yg begitu jadinya haha..tapi enak kok, jadi kaya makan lapis legit..loh!!! kok bisa? ya..iya lah...wong pake cinnamon bubuk :D

dah..dari pada terus mbayangin...rasanya kaya apa? mending eksekusi aja deh hehe...nih resepnya :

Bahan:
- 4 butir telur ayam, suhu ruang
- 350 gram gula pasir  ( aku cuma pake 325 gr )
- 250 ml minyak goreng (bisa diganti dengan mentega/margarine cair) - ( aku pake cuma 225 ml, ini masih kebanyakan menurutku )
- 250 gram tepung terigu serba guna (misal Segitiga Biru)
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh vanili bubuk atau 1 sendok teh vanili ekstrak  ( aku 1 bks kecil vanili bubuk )
- 2 sendok teh baking powder (pastikan fresh, cek masa kedaluarsa, sebaiknya gunakan double acting baking powder, dan sendok ukur yang benar) - (aku cuma pake 1sdt )
- 1/2 sendok teh baking soda
- 1 1/2 sendok teh kayu manis bubuk ( aku pake 1 sdt )
- 5 buah bit berat + 400 gram, kupas dan serut kasar ( aku cuma 100 gr bit, 200 gr wortel )
- 200 gram kacang mete/walnut cincang (aku gak pakai)


Cara membuat:
Siapkan oven, set disuhu 175'C.  Siapkan loyang . Olesi mentega dan alasi kertas roti. Sisihkan.

Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, garam, vanili bubuk, baking powder, baking soda dan kayu manis bubuk. Aduk rata atau ayak jadi satu.

Siapkan mangkuk mikser, masukkan telur dan gula ke dalamnya. Kocok dengan speed tinggi hingga putih, kental dan mengembang. Tambahkan minyak lanjutkan mengocok hingga minyak tercampur rata. Turunkan kecepatan mikser menjadi paling rendah. Tuangkan tepung terigu dalam 3 tahapan, teruskan kocok hingga terigu tercampur baik dengan adonan. Matikan mikser.


Tuangkan parutan bit, wortel aduk menggunakan spatula hingga tercampur baik. Tuangkan adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya dan panggang selama 45 - 50 menit atau hingga cake matang. Test dengan tusuk lidi, jika tidak ada adonan yang menempel di lidi maka cake telah matang.

Keluarkan cake dari oven, biarkan sejenak agar uap panasnya menghilang. Balikkan cake di rak kawat. Kita akan menuangkan larutan gula di permukaannya.

Source : Just try & Taste
Modified by : Dapur Mama Azka




0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, kritik, saran, silahkan tulis di kolom komentar, terima kasih.