Pempek Palembang

resep pempek palembang
Pempek lagi....bener-bener gak ada matinya cemilan yg satu ini, selalu sedap dimakan kapan aja. buat yg mau bikin juga nih resepnya, hasil googling kalo yg biasa aku bikin dan buat jualan dulu gak pake terigu, asli ikan + sagu ato pake aci / kanji.

BAHAN:
500 gram daging ikan tenggiri atau ikan gabus (pilih yang betul-betul segar)
10 sendok makan air es
2 1/2 sendok makan tepung terigu
150 gram tepung kanji
2 sendok teh garam
1/2 sendok teh vetsin

CARA MEMBUAT :
1. Haluskan ikan dengan saringan sampai lembut.
2. Masukkan air es, vetsin, dan garam. Aduk sampai lengket. Tambahkan tepung terigu dan kanji sambil diuleni hingga tidak menempel lagi ditangan.
3. Bentuk adonan sesuai dengan jenis pempek.

TIPS :
1. Makin segar ikan, makin baik hasil pempek yang Anda buat. Usahakan menyimpannya dalam lemari pendingin atau freezer
2. Banyak variasi resep pempek yang ada. Yang patut diingat, semakin banyak cairan (air), makin banyak kanji yang harus ditambahkan. Biasanya, hasilnya jadi makin kenyal.
3. Bila Anda kesulitan membentuk pempek, lumuri tangan Anda dengan tepung kanji.
4. Menggoreng pempek selalu di dalam minyak panas agar pempek tidak merekat di dasar wajan. Baik sekali kalau Anda menggunakan wajan dengan bahan teflon. Menggoreng pempek sebaiknya tidak terlalu lama agar tidak pecah dan meletus.
source : sedap sekejap




resep pempek palembang
nah...kalo yg ini beda dikit dari yg diatas, yang ini namanya Pempek tanpa ikan, kalo lagi kepengen makan pempek tapi gak punya stok ikan bikin ini aja...

PEMPEK TANPA IKAN 
Bahan Biang (bubur tepung):
500 ml air putih
250 tepung terigu
2 siung bawang putih haluskan
2 sdt garam (secukupnya)
1 sdt gula pasir (secukupnya)
1 sdt kaldu bubuk rasa ayam (seperti masako atau royco dsb)

Bahan Lain:
300 gr tepung tapioka/sagu (sediakan 50 gr untuk melumuri tangan agar tidak lengket saat membentuk pempek)
2 butir telur dikocok lepas
2 butir telur + 1/4 sdt garam di kocok lepas untuk isian pempek

Cara Membuat:
1. Membuat biang: campur tepung terigu, bawang putih halus, garam, gula, kaldu bubuk dan air putih. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan tidak bergerindil tepungnya. Rebus hingga adonan mendidih dan mengental seperti bubur, aduk-aduk hingga kalis. Angkat..sisihkan biarkan agak dingin.
2. Masukkan telur kocok kedalam adonan bubur tepung, aduk aduk sampai rata dan licin. Masukkan tepung tapioka/sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk pelan pakai tangan sehingga adonan pempek dapat dipulung/dibentuk. Memang agak sedikit lengket dijari tangan, tapi gak apa-apa dan jangan ditambah tepung sagu lagi. lumuri saja tangan dengan tepung sagu/ tapioka agar jari-jari tidak lengket oleh adonan.
3. Ambil sekepal adonan dan bentuk sperti mangkuk, masukkan 2 sendok teh telur kocok lalu rekatkan (bentuk pempek kapal selam). Rebus kedalam air mendidih yang telah diberi 2 sdm minyak goreng hingga mengapung dan matang. Angkat..tiriskan.
4. Goreng pempek kapal selam dalam minyak goreng yang panas sedang hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan..potong sesuai selera.
5. Sajikan dnngan pelengkapnya, ketimun, soun/mie rebus, udang ebi sangrai dan tuangkan kuah cukonya... 

source : Ita-DapurGriyaKhayangan

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, kritik, saran, silahkan tulis di kolom komentar, terima kasih.